Kamis, 20 Maret 2014

Ulasan Disiplin dan Observasi Foto

Assalamu’alaikum. .
Ini dia review untuk pertemuan rabu tanggal  19-3-2014

Hari ini di kelas belum banyak membahas materi, karena pembahasan beralih menjadi bahas KEDISIPLINAN..

Susah banget buat saya bahas hal yang satu ini, karena ini adalah salah satu kekurangan terbesar saya, yaitu engga bisa disiplin. Niat buat berubah sebenernya udah ada, tapi pas pelaksanaan nya engga segampang itu. .
Kalau mau nyalahin faktor eksternal, saya pasti akan beralasan karena faktor transportasi. Tapi sebenernya faktor internal yang bisa jadi alasan kuat kenapa saya sering telat, jawabannya adalah karena saya susah buat bangun pagi.

Sip, jadi bahasan kali ini adalah tentang DISIPLIN!!!!

§   Disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap peraturan-peraturan dalam suatu organisasi (S.F.Habeyb, 1983).
§      Disiplin pada hakekatnya adalah kemampuan untuk mengendalikan diri dalam bentuk tidak melakukan sesuatu tindakan yang tidak sesuai dan bertentangan dengan sesuatu yang telah ditetapkan dan melakukan sesuatu yang mendukung dan melindungi sesuatu yang telah ditetapkan (Soediyarto, 1989).

Ternyata disiplin berpengaruh dengan prestasi. Hal itu dibuktikan pada jurnal “PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA, KONDISI LINGKUNGAN DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS WIDYA DHARMA KLATEN SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2010/2011” oleh Drs. Udiyono, M.Pd. Diperoleh hasil:

Terdapat hubungan positif yang signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi akademik, dengan rx3y=0,401 pada p=0,023 (signifikan pada taraf signifikansi 5 %). Sehingga semakin tinggi tingkat disiplin belajar maka akan semakin tinggi pula tingkat prestasi akademik.

Semoga seiring berjalannya waktu, saya bisa bangun lebih pagi lagi, supaya bisa dapet kereta yang pagi juga, jadi engga sering telat aaminn. . hehehe

Yap, sebagai penyegaran (emang abis ngapain?), akan saya pajang sebuah foto sebagai hasil dari observasi saya, yang saya ambil dari acara Photo UP


Judul : Jala Kehidupan
Karya : Satria

Alasan saya memilih foto ini diantara banyak foto lainnya ialah. .

Pertama, dari segi fotografi (walaupun sebenernya engga ngerti fotografi) foto ini keren, soalnya bisa ambil gambar jaring sebelum jaringnya jatoh ke air, jadi pasti butuh kecepatan dan keakuratan dalam membidik (sok ngerti aja).

Kedua, dari segi makna nya menurut saya ini salah satu bentuk perjuangan untuk mencari rezeki dengan bergantung pada hasil alam, menunjukkan bahwa kalau kita mau berusaha keras dan susah payah untuk mencari rezeki, pasti ada jalannya, karena Allah memberikan banyak nikmat-Nya untuk manusia.
Terus kalau dilihat dengan seksama, disitu kaya ada gambar mesin gede gitu kan warna oranye. Nah itu mesin apa? Apa itu menguntungkan warga di sekitar danau itu? Atau malah mesin itu merugikan warga yang bergantung pada danau itu untuk mencari nafkah?? Sayangnya saya juga engga tahu jawaban nya (-_-)


Oke. .Cukup sekian untuk postingan kali ini. .
Terima kasih ya sudah membacaaa..
Semoga bermanfaat =D


Wassalamu’alaikum. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar